Pemanfaatan Portal Rumah Belajar dalam Penerapan Model Pembelajaran Inovatif pada masa darurat Pandemi Covid-19

  Oleh Maulida Rezeki, S.Pd

    Portal Rumah Belajar merupakan portal pembelajaran resmi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, dengan alamat url http://belajar.kemdikbud.go.id. Rumah Belajar hadir sebagai bentuk inovasi pembelajaran di era industri 4.0 yang dapat dimanfaatkan oleh siswa dan guru Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), Sekolah Dasar (SD), Sekolah Menengah Pertama (SMP), Sekolah Menengah Atas/Kejuruan (SMA/SMK) sederajat.

    Guru sebagai fasilitator harus menyadari bahwa dirinya bukan sumber belajar utama bagi peserta didik. Seorang Guru harus memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk mengamati, menanya, mengeksplorasi, mengasosiasi dan mengkomunikasikan kompetensi yang harus dikuasai. Oleh karena itu, hendaknya materi pembelajaran disampaikan dengan menerapkan model pembelajaran yang Inovatif dan menyenangkan. Dengan Portal Rumah Belajar, Guru maupun peserta didik dapat memanfaatkan berbagai fitur seperti Sumber Belajar, Buku Sekolah Elektronik, Bank Soal, Laboratorium Maya, Peta Budaya, Wahana Jelajah Angkasa, Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan, dan Kelas Maya. Selain itu, terdapat pula fitur pendukung lainnya seperti Karya Komunitas, Karya Guru serta Karya Bahasa dan Sastra. Beragam fitur-fitur tersebut dapat menjadi sarana e-learning dalam kelas, sarana informasi, komunikasi serta kolaborasi yang dapat didownload secara gratis tanpa harus berlangganan apapun. 

    Beberapa model pembelajaran inovatif yang dapat diterapkan dengan memanfaatkan Rumah Belajar selama Belajar dari Rumah adalah Model DiscoveryInquiry (rangkaian kegiatan belajar yang menekankan pada proses berfikir kritis dan analitis untuk mencari dan menemukan jawaban dari suatu masalah yang di pertanyakan), Model Flipped Classroom (pembelajaran yang membalik metode tradisional di mana materi biasanya diberikan pada proses pembelajaran tetapi materi diberikan sebelum proses pembelajaran), Model Project Based Learning (pembelajaran yang memberikan kesempatan kepada pendidik untuk mengelola pembelajaran dikelas dengan melibatkan kerja proyek), Model Blended Learning menggunakan Blog (pembelajaran yang menggunakan blog ntuk mencapai tujuan pendidikan), Model Berbasis Game (pembelajaran yang menggunakan permaianan atau game digital untuk tujuan pembelajaran), dan Model Self Organized Learning Environments/ Sole (pembelajaran yang menitik beratkan proses pembelajaran mandiri dengan memanfaatkan internet dan perangkat pintar yang dimilikinya). 

    Selama Pandemi Covid 19, Guru harus kreatif dalam melaksanakan tugasnya agar peserta didik dapat tetap menerima ilmu sementara PSBB diberlakukan. Berikut adalah Penerapan saya sebagai seorang Guru Matematika Ahli Pertama di SMPN 13 Palangka Raya dalam melakukan Pembelajaran dari Rumah  menggunakan model Flipped Classroom dengan memanfaatkan Portal Rumah Belajar. Dengan Rumah Belajar, belajar dimana saja, kapan saja dengan siapa saja.

#RumahBelajar #SahabatRumahBelajar
#PembaTIK #PembaTIKLevel4
#GuruPenggerak #GuruBerbagi #IndonesiaMaju
#PusdatinKemendikbud #PembaTIK2020 
#DutaRumahBelajar2020 #RumahBelajar2020 #BerbagiTIK

Sumber :
https://simpatik.belajar.kemdikbud.go.id/
https://belajar.kemdikbud.go.id/
https://www.youtube.com/watch?v=ogYPOamRgTQ&list=PLbgWX91gECv1v8KKyWvbt4nnNsU4HjgMA&index=4

2 comments:

  1. Blog yang sangat bermanfaat. Terus semangat dalam berbagi kebaikan, Bu.

    ReplyDelete