Game Based Learning dengan Edugame Rumah Belajar

Oleh: Maulida Rezeki, S.Pd

Halo Sahabat Rumah Belajar!

Pada era digital seperti saat ini, peserta didik merupakan generasi digital native, dimana mereka dengan  mudahnya menggunakan perangkat Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK). Dalam menerapkan kurikulun yang menggunakan pendekatan ilmiah, Guru perlu berinovasi menggunakan model pembelajaran yang mengintegrasikan TIK dalam proses pembelajaran untuk membangun peserta didik dengan kecakapan abad 21 agar mereka siap menghadapi tantangan kehidupan yang terus berubah kedepannya. Terutama saat darurat pandemi saat ini dimana Belajar Dari Rumah dilakukan. Salah satu model yang dapat digunakan adalah model pembelajaran berbasis game atau Game Based Learning yang menggunakan pendekatan secara online.

Kali ini saya akan berbagi Inovasi Pembelajaran Matematika yaitu Penerapan Model Pembelajaran Game Based Learning memanfaatkan salah satu fitur terbaru di Portal Rumah Belajar yaitu Edugame . Portal Rumah Belajar merupakan produk Pusdatin Kemendikbud yang dapat diakses di https://belajar.kemdikbud.go.id/. Pada perayaan ulang tahun ke-9 tahun ini, Rumah Belajar meluncurkan fitur baru yaitu Edugame. Edugame adalah fitur permainan interaktif yang memastikan siswa dapat memahami konsep dasar materi dengan bermain permainan digital interaktif. Adapun permainan yang dsediakan telah dirancang untuk membantu siswa memahami konsep dari materi yang disajikan.

Edugame Rumah Belajar memiliki beberapa keunggulan yang dapat digunakan dalam pembelajaran dari rumah, diantaranya:

  • Peningkatan daya ingat dan retensi
  • Pengembangan keterampilan pemecahan masalah
  • Umpan balik instan
  • Praktis dan gratis

Edugame Rumah Belajar dapat dimanfaatkan oleh peseta didik secara mandiri maupun dengan bimbingan Guru atau orangtua. Edugame Rumah Belajar dapat diakses dengan url https://belajar.kemdikbud.go.id/EduGame. Bagaimana cara mengintegrasikan Edugame dalam pembelajaran? Guru dapat memanfaatkan Fitur Edugame Rumah Belajar ini sebagai media Pembelajaran Berbasis Game (Game Based Learning). Berikut adalah langkah-langkahnya.

Sumber Foto : Portal Rumah Belajar "Panduan Model Pembelajarn Inovatif"
  1. Memiilih game sesuai topik - Guru memilih game yang sesuai dengan topik yang akan disampaikan.
  2. Penjelasan konsep - Guru memberikan penjelasan/konsep awal terkait dengan game yang akan dimainkan, tujuan dan tantangan yang harus diselesaikan.
  3. Aturan - Peserta didik memahami dan menyepakati aturan yang disampaikan oleh guru perihal tantangan, waktu dan sebagainya.
  4. Bermain Game - Peseta didik memainkan game yang telah dipilih dan dibagikan guru sesuai topik pembelajaran.
  5. Merangkum pengetahuan - Peserta didik merangkum pengetahuan, pengalaman dan hal-hal yang didapatkan dari game yang telah dimainkan.
  6. Melakukan Refleksi - Peserta didik melakukan refleksi.
Saya telah menerapkan model Pembelajaran Berbasis Game dengan memanfaatkan Edugame Rumah Belajar ini untuk pembelajaran Matematika kelas VIII SMP materi Relasi dan Fungsi. Media yang saya gunakan adalah:
  1. "Match Game Relasi Fungsi" salah satu game yang tersedia di fitur Edugame Rumah Belajar (https://belajar.kemdikbud.go.id/EduGame/Game/Play?url=game%2FMatch%20Game%20Relasi%20Fungsii%2F).
  2. Google Form sebagai Lembar Kerja Peserta Didik digital.
  3. Zoom Konferensi Video sebagai media presentasi peserta didik dan penarikan kesimpulan.
Berikut adalah pengembangan LKPD yang saya inovasikan untuk pembelajaran ini:
Sekian yang dapat saya bagikan kali ini, untuk Inovasi selanjutnya, silakan ikuti terus blog ini dan Youtube Chanel "Maulida Rezeki". 
Jangan lupa kunjungi Portal Rumah Belajar di https://belajar.kemdikbud.go.id/
Dengan Rumah Belajar kita dapat belajar dimana saja, kapan saja, dengan siapa saja. 
Merdeka Belajarnya, Rumah Belajar Portalnya, Maju Indinesia! 
Sampai jumpa lagi!

Referensi:
'Rumah Belajar', Kemendikbud, belajar.kemdikbud.go.id (daring). Tautan : https://belajar.kemdikbud.go.id/ (diakses tanggal 20 Oktober 2020)
Dokumentasi Pribadi Maulida Rezeki

#PusdatinKemendikbud
#PembaTIK2020
#DutaRumahBelajar2020
#RumahBelajar
#BerbagiTIK
#PembaTIKLevel4
#SRBKalteng
#GuruMatematika
#MatematikaSMP
#RelasidanFungsi
#InovasiPembelajaran
#MerdekaBelajar
#MajuIndonesia
#Palangkaraya
#KalimantanTengah
#2020

1 comment:

  1. Luar biasa sekali Ibu, terimakasih banyak untuk penjelasannya, semoga rumah belajar semakin maju dan jaya selalu...Amin.

    ReplyDelete